Sabtu, 16 November 2013

Artikel Trigliserida

OLEH
    NAMA        : NURHIDAYANTI
    KELAS        : ANALISIS KESEHATAN IC
    NIM            : 13 3145 453 116

DIII Analisis Kesehatan STIKes Mega Razky Makassar
2013/2014

    Pengertian Trigliserida

Pengertian trigliserida adalah bentuk lemak yang paling efisien untuk menyimpan kalor yang penting untuk proses-proses yang membutuhkan energi dalam tubuh (Maria C. Linder, 1985).
Trigliserida adalah salah satu bentuk lemak yang diserap oleh usus setelah mengalami hidrolisis. Trigliserida kemudian masuk ke dalam plasma dalam 2 bentuk yaitu sebagai klomikron berasal dari penyerapan usus setelah makan lemak, dan sebagai VLDL (Very Low Density Lipoprotein) yang dibentuk oleh hepar dengan bantuan insulin. Trigliserida ini di dalam jaringan diluar hepar (pembuluh darah, otot, jaringan lemak), dihidrolisis oleh enzim lipoprotein lipase. Sisa hidrolisis kemudian oleh hepar dimetabolisasikan menjadi LDL. Kolesterol yang terdapat pada LDL ini kemudian ditangkap oleh suatu reseptor khusus di jaringan perifer itu, sehingga LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat.
Trigliserida merupakan lemak-lemak darah yang cenderung naik seiring dengan konsumsi alkohol, peningkatan berat badan, diet yang kaya dengan gula dan lemak serta gaya hidup yang senang untuk duduk saja. Tidak diragukan lagi bahwa penambahan trigliserida meningkatkan resiko perkembangan penyakit jantung dan stroke. Terbukti bahwa orang-orang yang mempunyai trigliserida tinggi juga cenderung untuk mendapatkan tambahan-tambahan dalam tekanan darah dan resiko tambahan untuk mengembangkan penyakit diabetes.


Trigliserida dalam darah berasal dari lemak yang ada dalam makanan atau dibuat di dalam tubuh dari sumber energi lain seperti karbohidrat. Kalori yang bersumber dari makanan yang tidak digunakan langsung oleh jaringan tubuh diubah menjadi trigliserida/lemak dan selanjutnya disimpan dalam sel-sel lemak tubuh.
Trigliserida merupakan lemak darah dibentuk oleh esterifikasi gliserol dan tiga asam lemak, yang dibawa oleh lipropotein serum. Proses pencernaan trigliserida dari asam lemak dalam diet (eksogenus), dan menuju aliran darah sebagai kilomikron (droplet lemak kecil yang diselubungi protein), yang memberikan tampilan seperti susu atau krim pada serum setelah mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemaknya.
    Apa Perbedaan Trigliserida dan Kolesterol?
Trigliserida dan kolesterol merupakan jenis-jenis lemak dasar yang terdapat dalam tubuh manusia dan bersikulasi dalam aliran darah.
Walaupun keduanya sama-sama jenis lemak dasar dan memiliki kemiripan, tetapi ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Perbedaan tersebut dapat dilihat pada tabel berikut.
Kolesterol    Trigliserida
Kolesterol akan disimpan dalam jaringan hati atau dinding pembuluh darah.    Trigliserida akan disimpan dalam sel lemak di bawah jaringan kulit.
Kolesterol berfungsi membangun sel-sel dan hormon-hormon tertentu dalam tubuh.    Fungsi trigliserida adalah menghasilkan energi bagi tubuh.

Selain asupan makanan dengan lemak jenuh tinggi, beberapa penyebab tingginya trigliserida adalah kegemukan, kurang bergerak, dan konsumsi makanan yang kaya karbohidrat sederhana (gula, tepung).
Pada beberapa kasus, lonjakan trigliserida juga terkait dengan penyakit diabetes, penyakit ginjal atau hati, serta faktor keturunan dalam keluarga.
Faktor genetik paling sulit diatasi karena reseptor di dalam sel-sel hati yang bertugas untuk mengubah trigliserida yang berlebih untuk menjadi kolesterol telah mengalami cacat bawaan.
Meskipun begitu, konsumsi makanan yang sehat, ditambah aktivitas fisik yang teratur bisa menurunkan kadar trigliserida yang berbonus pada naiknya jumlah kolesterol baik (HDL).
Diet untuk penderita hipertrigliseridemia (trigliserida berlebih) adalah dengan membatasi asupan makanan yang tinggi lemak jenuh dan mengurangi karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung.
Bagi mereka yang kegemukan, penurunan berat badan biasanya efektif dalam menurunkan kadar trigliserida.

    TUJUAN PEMERIKSAAN

Untuk penentuan secara kuantitatif trigliserida dalam serum dan plasma.Untuk menmgetahui keadaan pembuluh darah dan jantung Menentukan faktor risiko independent untuk penyakit jantung koroner (PJK), dan mendeteksi sindrom metabolik.

    CARA PENGAMBILAN SAMPEL UNTUK PEMERIKSAAN TRIGLISERIDA
Persyaratan & Jenis Sampel    :    Serum, plasma EDTA/Heparin 0,25 mL

1.    Sebelum melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dianjurkan untuk berpuasa kurang lebih selama 10-12 jam.
2.    Mengambil darah pada pasien yang akan diperiksa.
3.    Masukkan darah ke dalam tabung reaksi sebagai sampel yang akan diperiksa.
4.    Setelah itu sampel dimasukkan ke dalam Centrifuse selama 10 menit.
5.    Keluarkan dari Centrifuse kemudian ambil serum.
6.    Kemudian lakukan pemeriksaan pada serum tersebut.
7.    Stelah melakukan pemeriksaan perhatikan level Trigliserida yang terbagi menjadi,yaitu :
    Nilai normal : kurang dari 150 mg/dl
    Cukup tinggi : 150 – 199 mg/dl
    Tinggi : 200 – 499 mg/dl
    Sangat tinggi : 500 mg/dl

    PENYAKIT AKIBAT TRIGLISERIDA

Dalam tubuh manusia, kadar trigliserida dalam aliran darah telah dikaitkan dengan aterosklerosis,kolesterol,risiko penyakit jantung,dan stroke.

    PENYEBAB TERJADINYA TRIGLISERIDA
Ada 3 Penyebab Trigliserida :   
1. Kegemukan, usahakan bisa mengontrol berat badan, gemuk adalah tanda  banyaknya lemak di tubuh. Yang namanya lemak ini jelek, membuat badan berat. Bagaimana cara menurunkan berat badan (BB) dari tubuh, pertama kurangi karbohidrat, kedua kurangi minim manis gula dan yang ketiga, olah raga minimal 3 kali dalam seminggu.   
2. Banyak minum Gula Pasir (gula putih), gula adalah racun paling manis. Cara pembuatan gula ini banyak menggunkan kimia, yaitu kristalisernya. Waktu tebu di giling, air gula dimasukkan ke kolam. Lalu bagaimana air tebu ini jadi kristal. Kalau direbus, maka akan jadi gula merah, kalau dijemur tidak akan kering. Lalu bagaimana ? dimasukkanlah ke dalam kolam itu UREA, pupuk urea. Urea ini lah yang berbahaya jika masuk tubuh yang memicu inflamasi pada pankreas.   
3. Lemak Ternak Darat, penyebab trigliserida umumnya hasil survei pada orang Trigliserida Tinggi adalah hobi makan yang salah. Misal, kulit ayam potong, jeroan dan bagian kepala binatang. Apa itu ternak darat dan mengapa berbahaya ?,  ternak darat adalah semua ternak yg pakannya por/vor atau palet. Dalam pakan ternak ini banyak zat kimia dan campuran yg berbahaya, yaitu tepung MBM (Meat Bone Meal) tepung tulang, darah dan daging Babi. Jadi hindari ayam potong, telur horn, lele, gurami dll. Sebagai pengganti gunakan ayam kampung, telur kampung, ikan sungai, ikan laut, daging kambing.

    GEJALA TERJADINYA TRIGLISERIDA
Gejala trigliserida secara umum adalah di awali dengan sakit kepala dan pegal-pegal yang cukup hebat, gejala ini muncul karena kurangnya suatu oksigen.Kadar kolestrol yang tinggi ini akan menyebabakan aliran darah menjadi kental dan akhirnya mengakibatkan oksigen yang masuk kedalam tubuh jadi berkurang.





DAFTAR PUSTAKA
http://www.psychologymania.com/2012/09/pengertian-trigliserida.html
http://prodia.co.id/kimia/trigliserida
http://informasitips.com/trigliserida-lemak-dan-kaitannya-dengan-kolesterol
http://www.deherba.com/apakah-itu-trigliserida.html
http://www.trigliserida.com/2011/12/3-penyebab-trigliserida-tinggi.html
http://www.news-medical.net/health/Triglycerides-and-Disease-%28Indonesian%29.aspx
http://forum.republika.co.id/showthread.php?97797-Cara-Menyembuhkan-Kadar-Trigliserida
http://sawittoku.blogspot.com/2012/07/makalah-pemeriksaan-laboratorium.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar